Sab. Agu 24th, 2019

komunitas logam mulia

Tanpa Bank , Tanpa Riba, Investasi aman

investor emas pemula

2 min read
Gambar : Ilustrasi

SuaraJakarta.co, JAKARTA – Kekhawatiran investor emas pemula adalah tentang keaslian emas yang dibelinya.  Identifikasi emas asli dan cara menyimpannya adalah 2 hal yang paling sering jadi pertanyaan. Meski bukan ahli emas, frekuensi interaksi membuat kita jadi paham dan mudah mengidentifikasi mana emas asli, emas palsu dan emas yang tak sesuai spek. Ilmu dasar ini perlu untuk penjual maupun untuk konsumen/ investor, keduanya menjadi subjek sekaligus objek transaksi, maka perlu memastikan keaslian emas ini.

Adalah beda antara emas palsu dengan emas yang tak sesuai dengan sertifikat atau kuitansinya. Emas palsu biasanya identik dengan penggantian logam emas baik seluruhnya maupun sebagian dengan logam lain yang dibuat mirip. Sementara emas yang tak sesuai spek yang dijelaskan atau tertuliskan adalah pemalsuan jenis lain. Di bahasa pedagang emas Jakarta, emas jenis ini sering disebut emas ‘jablay’ (ada-ada saja).

Dalam kaitannya dengan sertifikasi dan standarisasi kandungan emas (dan logam mulia lainnya), cukup disayangkan di Indonesia tidak ada lembaga atau asosiasi yang menjadi acuan. Saat ini yang menjadi sertifikat terpercaya satu-satunya di negara kita adalah Unit Pemurnian dan Pengolahan Logam Mulia – PT Antam. Itupun sertifikasi mereka lakukan untuk produk keluaran sendiri dan bukan untuk produk pabrikan lain. Sucofindo melakukan sertifikasi tapi kurang dikenal di masyarakat.

Poinnya, justru karena tak ada standarisasi, maka dianjurkan masyarakat untuk memilih emas keluaran Antam. Tips dalam tulisan ini lebih aplikatif kaitannya dengan emas produksi Antam tersebut. Langkahnya mulai dari pengecekan fisik, pengecekan sertifikat hingga melakukan uji kandungan dan berat.

Khusus emas non Antam maka cara deteksinya harus dengan kenali fisik dan menggunakan alat uji. Emas sendiri sebetulnya adalah logam yang sulit dipalsukan karena memiliki ciri fisik yang sangat berbeda dengan logam lain, mulai dari warna/ kemilau hingga massa jenis. Demikian juga emas dengan bentuk yang rapih dan tipis, lebih sulit lagi untuk dipalsukan, kecuali emas perhiasan misalnya dengan sepuhan.

Penulis: Endy Kurniawan @endykurniawan, Coach, trainer dan penulis seputar Bisnis, Keuangan dan Investasi

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.